Inilah Jenis Jenis VGA Card (Wajib Kamu Tahu)

VGA atau Video Graphics Array merupakan standart grafis yang diperlukan dalam sebuah tampilam komputer analog. Komponen VGA pada perangkat komputer sudah dikenalkan sejak 1987 silam oleh IBM sebagai perusahaan hardware ternama saat ini. Buat Kamu yang kurang familiar dengan istilah VGA, pasti bertanya-tanya apa sih fungsi atau kegunaan dari VGA? Dan apa saja jenis jenis VGA? Hardware ini sebenarnya dirilis untuk menggantikan istilah seperti display card, video card, video adapter, graphics board, display adapter dan juga graphics adapter. Jenis graphics card tersebut berguna untuk menerjemahkan output dari komputer ke layar monitor.

Jenis Jenis VGA

VGA pada komputer adalah media atau bisa juga diartikan sebagai pengubah sinyal digital dari komputer ke monitor yang dihasilkan dalam bentuk tampilan grafis. Sebelum membahas jenis jenis VGA, secara khusus VGA card memiliki beberapa fungsi diantaranya:
1. Membantu dalam pembuatan desain grafis dan desain 3D
2. Membantu membuat grafis dalam bermain game lebih baik dan menarik
3. Meningkatkan tampilan layar yang lebih jernih dan lebih tajam
4. Berguna untuk menghubungkan PC atau laptop ke layar TV melalui HDMI sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik
5. Sangat bermanfaat untuk Kamu yang menyukai menonton film dengan detail grafis yang sempurna

Tipe dan jenis jenis VGA Card di Pasaran

VGA card sendiri dibedakan berdasarkan tipe dan jenis jenis VGA. Terdapat 5 tipe VGA card yang dijual di pasaran, berikut diantaranya:

1. Tipe VGA ISA
Sesuai namanya, tipe VGA ISA hanya bisa dimasukkan pada slot ISA saja dengan sistem bus I/O 8 –bit atau 16 –bit. VGA ISA memiliki kualitas grafis yang dihasilkan masih dinilai kurang bagus sehingga tipe ini sekarang sudah mulai ditinggalkan. Selain itu kecepatan transfer datanya juga cenderung sangat lamban. Sehingga VGA ISA sekarang juga semakin jarang diproduksi.

2. Tipe VGA EISA
VGA Card dengan tipe EISA ini hanya bisa digunakan pada slot EISA pada bus I/O 32 –bit saja. Sama seperti VGA ISA, VGA EISA juga suda ditinggalkan karena dilihat dari segi kualitas gambar dan kecepatan transfer datanya sangat buruk.

3. Tipe VGA PCI
VGA PCI hanya bisa dimasukkan pada slot PCI dengan bus I/O 32 –bit atau 64 –bit. Meskipun tipe VGA ini jarang digunakan, namun masih banyak tersedia di pasaran. Kurangnya peminat VGA PCI yakni karena fitur-fitur yang ditawarkan cukup terbatas.

4. Tipe VGA AGP
Tipe VGA yang hanya bisa dimasukkan pada slot expansi AGP dengan bus I/O 128 –bit dan 256 –bit. VGA AGP menjadi tipe VGA yang saat ini banyak digunakan. Ini karena VGA AGP memiliki kecepatan transfer data yang bagus dan cepat dengan kualitas grafisnya juga cukup baik.

5. Tipe VGA PCle/ PCI Express
Tipe VGA ini sekarang yang paling banyak digunakan dibanding tipe yang lain. Dengan kecepatan transfer data hingga 32 GByte per detik membuat tipe ini tampak istimewa. Kualitas gambar yang dihasilkan dari VGA PCle juga sangat baik dan tidak mengecewakan.

Jika dibedakan berdasarkan cara penggunaannya, VGA dibagi menjadi dua jenis jenis VGA yaitu VGA On-Board dan VGA Add On/ VGA Card.  Berikut perbedaan dari keduanya:

Jenis VGA On-Board

Jenis VGA yang pertama adalah VGA On-Board. Seperti namanya, VGA On-Board ini merupakan jenis VGA yang dipasang pada perangkat komputer atau laptop standar. Chip VGA pada VGA On-Board digunakan menjadi satu dengan motherboardnya. Jenis VGA ini bekerja dengan cara memanfaatkan memory dari komputer Kamu atau yang lebih sering disebut RAM. Jenis VGA ini lebih umum digunakan pada komputer yang masih memiliki spesifikasi yang rendah.

Kebutuhan grafis dan 3D pada VGA ini bukan menjadi prioritas utama. Tipe perangkat yang menggunakan VGA On-Board seperti komputer server kecil, komputer office, Laptop dan Notebook (10’’) dengan harga 2 hingga 3 jutaan atau lebih murah dari itu.

VGA On-Board memiliki kelebihan diantaranya dari segi perawatannya yang mudah, harga yang sangat terjangkau alias murah serta sudah cukup mumpuni untuk tipe komputer standar yang digunakan sehari-hari. Namun VGA On-Board tentu masih memiliki beberapa kelemahan yakni masih lemah untuk menangani grafis dengan kualitas tinggi. Selain itu VGA On-Board juga tidak mendukung game dengan resolusi tinggi dan modern. Jika digunakan untuk kebutuhan yang berat, biasanya jenis VGA ini akan mengalami lag atau lemot termasuk untuk memutar video beresolusi tinggi.

Jenis VGA Add-On (Off-board)

Jenis VGA yang lain adalah VGA Add-On. Berbeda dengan jenis VGA On-Board, jenis VGA Add-On ini letaknya terpisah dengan motherboard dan lebih sering disebut VGA Card. Sehingga dalam penggunaannya membutuhkan socket untuk menginstallnya. Oleh karena itu, VGA Add-On bekerja dengan kemampuannya sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari RAM perangkat komputer karena letak RAM dan VGA Add-On yang terpisah. VGA Add-On juga memiliki memorinya sendiri sehingga saat dijalankan tidak bergantung pada memori RAM komputer.

Dengan spesifikasi seperti itu, VGA Add-On bekerja lebih maksimal dan juga lebih powerfull dibanding VGA On-Board. Jenis perangkat komputer yang menggunakan tipe VGA ini yakni pada komputer atau Laptop mid hingga high end serta komputer gaming.



Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan VGA Add-On/ VGA Card:


Kelebihan dari VGA Add-On/ VGA Card

- Sistem pendingin pada VGA Add-On terletak terpisah sehingga diklaim lebih tahan lama
- Memiliki kemampuan untuk menghandle grafis 3D sehingga cocok untuk gaming yang berat
- VGA Add-On bisa di-upgrade dengan cara menggantinya saja
- Kompatibel digunakan untuk memutar film dan video dengan kualitas resolusi yang tinggi
- Dari segi tampilan display jenis VGA ini sangat tajam

Kelemahan dari VGA Add-On/ VGA Card

- VGA Add-On saat ini masih sangat relatif mahal dibanding VGA On-Board
- Tidak semua perangkat komputer sudah support dengan VGA Add-On atau VGA Card

Setelah melihat penjelasan dari setiap jenis jenis VGA komputer diatas, lalu manakah jenis VGA yang paling cocok digunakan? Tentu sebagai orang awam kita bingung harus memilih jenis VGA yang mana.



Ada beberapa kriteria untuk memilih VGA diantaranya:


1. Memilih VGA yang sesuai dengan socket VGA pada slot di motherboard
2. Memilih jenis VGA berdasarkan tujuan pemakaiannya. Jika untuk memenuhi kebutuhan gaming yang memerlukan grafis 3D yang baik maka VGA Add-On lebih diutamakan. Namun jika untuk keperluan office atau pekerjaan sehari-hari, VGA On-Board masih optimal untuk digunakan.
3. Perlu menjadi catatan bahwa semakin tinggi kualitas VGA yang digunakan maka akan semakin tinggi konsumsi daya listrik yang digunakan. Sehingga untuk memilih jenis VGA yang akan digunakan sesuaikan dengan kebutuhan VGA daya listrik dirumah atau kantor Kamu.
4. Memilih VGA Card yang memiliki kecepatan core memori tinggi.
Itulah jenis jenis VGA yang bisa Kamu gunakan. Seperti yang sudah disinggung diatas, setiap jenis jenis VGA memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga dalam memilihnya juga perlu disesuaikan dengan kegunaannya.

0 Response to "Inilah Jenis Jenis VGA Card (Wajib Kamu Tahu)"

Posting Komentar

Komentar akan melalui proses moderasi. Segala bentuk komentar spam! tidak akan disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel