Apa itu VGA Card dan Apa Saja Fungsinya?

Apa itu VGA Card? VGA atau Video Graphics Array menurut Wikipedia diartikan sebagai
standar tampilan komputer analog yang dikenalkan pertama kali oleh perusahaan ternama IBM sejak tahun 1987. VGA adalah standar grafis yang diikuti secara mayoritas oleh para pembuat kartu grafis komputer. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut VGA antara lain video adapter, display card, video card, display adapte atau graphics adapter.

Dari penjelasan apa itu VGA Card tersebut, istilah ini juga sering digunakan untuk mengacu
pada resolusi layar yang berukuran 640 x 490. Fungsi utama dari VGA Card adalah untuk
menerjemahkan komponen dari perangkat komputer agar dapat ditampilkan di layar monitor. 

Seperti pada proses desain grafis, menampilkan video atau permainan dan kepentingan grafis yang lain maka dibutuhkan VGA Card. Lebih jauh penjelasan tentang apa itu VGA Card dan apa saja fungsinya, akan dibahas dalam artikel kali ini. Simak ulasan lengkapnya.

Apa itu VGA Card dan Apa Saja Fungsinya?


Apa Itu VGA Card? Dan Apa Saja Fungsinya?

Jika Anda adalah seorang gamers sejati atau seorang desainer grafis, mungkin sudah familiar terhadap hal-hal yang berhubungan dengan multimedia, termasuk VGA Card atau kartu grafis. Namun bagi orang awam, mungkin akan dibuat bingung dengan pertanyaan apa itu VGA Card? Dan apa sih kegunaannya?

Secara singkat, VGA Card merupakan komponen pada CPU komputer yang berguna untuk
kepentingan grafis dan video. Tidak seperti RAM, VGA Card ini cenderung tidak terlalu
mempengaruhi peforma dari PC, apalagi jika hanya digunakan untuk kepentingan standard.
Sebaliknya, VGA Card akan menjadi penting ketika digunakan pada PC yang yang membutuhkan tampilan graphic besar, seperti untuk mendukung tampilan 3D graphic atau untuk memutar video dengan kualitas grafis yang berat dan tinggi.

Pada intinya, VGA Card adalah bagian dari CPU untuk memperjelas visualisasi dari komputer ke layar monitor. Menggunakan VGA Card sangat mudah, yakni cukup dengan memasangnya di komponen motherboard dan dihubungkan ke monitor.

Sejarah Singkat VGA Card

Setelah melihat penjelasan dari apa itu VGA Card, komponen ini tidak terlepas dari sejarah dari perusahaan-perusahaan grafis terkemuka. Tahukah Anda, VGA Card sebenarnya merupakan komponen yang terbilang baru dari sebuah perangkat PC. Karena jika dihitung dari sejak pertama kali komputer diciptakan, terpaut lebih dari 30 tahun hingga VGA Card secara resmi dirilis ke pasaran. Komputer atau supercomputer mulai dikembangkan sejak tahun 40 sampai 50-an. Sedangkan VGA Card baru mulai dikembangkan dan dijual pada era 80-an. Seperti yang sudah disinggung diatas, perusahaan teknologi yang pertama kali menjual VGA Card secara komersil adalah IBM (International Bussiness Machine).

VGA Card mulai berkembang pesat sejak kebutuhan user akan tampilan 3D dan gaming semakin meningkat. Terbukti dari bermunculannya produk-produk gaming dari generasi ke generasi yang semakin berat kebutuhan grafisnya. Sehingga hal tersebut memicu pertumbuhan VGA Card yang terus mengalami pembaruan demi memenuhi kepentingan user. Beberapa tipe VGA Card yang sudah dijual di pasaran seperti S3 ViRGE, ATI Rage 3D, nVIDIA NV3, nVIDIA NV4. nVIDIA Geforce Series dan ATI Radeon Series.

Fungsi VGA Card

Setelah membaca apa itu VGA Card dan perkembangan singkatnya, berikut ini beberapa fungsi dari VGA Card yang harus Anda ketahui:
1. Menciptakan output komputer sehingga dapat dinikmati atau dilihat di layar monitor
2. VGA Card berguna untuk membuat desain grafis dan mendukung 3D design
3. VGA Card yang memiliki fitur canggih dapat memberikan tamping gaming yang
memukau
4. Membuat tampilan layar monitor lebih jernih, tajam dan halus, apalagi untuk resolusi
yang tinggi
5. Dengan bantuan HDMI, bisa digunakan untuk menghubungkan PC atau Laptop ke layar
TV dengan kualitas gambar yang sangat baik
6. Sangat cocok untuk Anda yang hobi menonton film dengan detail tampilan yang
sempurna
7. Seiring berkembangnya zaman saat ini banyak yang memanfaatkan VGA Card untuk menambang uang digital, seperti Bitcoin, Ethereum dan sebagainya.

Bagian-Bagian dari VGA Card

Informasi yang tak kalah pentingnya dari apa itu VGA Card dan fungsi-fungsinya, Anda juga
harus mengetahui bagian-bagian dari VGA Card, terutama bagi yang suka mengotak-atik
perangkat komputer. VGA Card umumnya terdiri dari papan sirkuit dengan berbagai komponen yang melekat diatasnya. Namun saat ini sudah banyak VGA Card yang didesain sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan penggunanya, baik untuk VGA internal maupun eksternal. Komponen tersebut antara lain Graphics Processing Unit (GPU), Heat Sink dan Memory.

Berikut penjelasan masing-masing komponen tersebut:

1. Graphic Processing Unit (GPU)
Komponen ini yang paling sering menjadi pertimbangan para pengguna VGA Card, terutama untuk VGA eksternal atau Add On. Graphic Processing Unit atau juga sering disebut Visual Processing Unit (VPU) merupakan bagian sirkuit yang didesain untuk memanipulasi data secara cepat. GPU juga berguna untuk memodifikasi memori yang bertujuan untuk mempercepat pembuata gambar dalam frame buffer. Secara umum, GPU memiliki fungsi yang hampir mirip dengan CPU. Bedanya, GPU hanya menangani urusan grafis saja. Seperti yang dijelaskan dari pengertian apa itu VGA Card sebelumnya, GPU menjadi komponen paling vital untuk sebuah VGA Card.

GPU sendiri memiliki tingkat kecepatan yang dikenal sebagai Core Speed. Oleh karena itu,
membeli VGA Card perlu mempertimbangkan spek dari Core Speed tersebut. Semakin besar Core Speed suatu GPU dari VGA Card, maka kemampuan GPU-nya akan semakin baik. Pada intinya, GPU ini adalah komponen yang akan bertanggung jawab melakukan perhitungan matematis dalam proses render gambar. Jadi kalau Core Speednya tinggi, perhitungan matematis yang dilakukan jadi semakin cepat.

2. Heat Sink
Heat Sink merupakan komponen dari VGA Card yang berfungsi unuk menyamakan suhu pada GPU. Pada beberapa produk VGA Card di pasaran, bagian Heat Sink-nya sudah dilengkapi dengan fan atau kipas yang berguna untuk menjaga suhu pada VGA Card agar tidak over heating. Namun sayangnya, komponen Heat Sink tidak ditemukan pada VGA Card produk lama dan berkualitas rendah. Sebagai gantinya hanya menggunakan cairan pendingin.

3. Memory
Seperti pengertian memory pada umumnya, komponen memory pada VGA Card juga berguna untuk menyimpan semua tekstur dan informasi grafis komputer. Komponen GPU akan mengambil data yang disimpan di memori. Kemudian GPU akan memproses data dan
menyimpannya kembali ke memori yang selanjutnya akan disalurkan ke RAMDAC. Proses
inilah yang memungkinkan Anda dapat melihat tampilan grafis di layar monitor PC Anda.
RAMDAC atau Random Access Memory Digital to Analog Converter sendiri berfungsi untuk
mengontrol gambar digital yang akan dikonversi menjadi sinyal analog. Sehingga data gambar - gambar tersebut dapat ditampilan ke layar monitor PC.

Demikian itulah penjelasan mengenai apa itu VGA Card dan fungsi dari VGA Card. Semoga
dari penjelasan diatas dapat menjawab dan memberikan informasi bagi Anda yang tidak familiar dengan apa itu VGA Card. Tertarik untuk membeli VGA Card? Anda bisa membelinya di gerai-gerai yang menjual perangkat komputer dengan harga yang sangat bervariasi.

0 Response to "Apa itu VGA Card dan Apa Saja Fungsinya?"

Posting Komentar

Komentar akan melalui proses moderasi. Segala bentuk komentar spam! tidak akan disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel