Mengenal Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)

Apa itu ICO?

Apa itu ICO? ICO adalah singkatan dari Initial Coin Offering. Initial artinya Awal atau Permulaan, dan Coin di sini memiliki arti Token / Coin kemudian Offering artinya Penawaran. Jadi dapat disimpulkan yang dimaksud dengan ICO adalah Penawaran Coin Pertama sebelum coin tersebut dipublikasikan ke pasar bebas.

Kalau masih bingung. ICO dapat diartikan adalah cara yang dilakukan oleh sebuah develpoper cryptocurrency blockchain untuk mengumpulkan dana guna memenuhi proyek pengembangan sistem mata uang digital layaknya bitcoin, setiap orang yang mengikuti program ini akan memperoleh token dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga token setelah masa ICO berakhir.

ICO pertama kali dilakukan pada tahun 2013, coin yang pertama kali menggunakan teknik ICO adalah coin MasterCoin (OMNI). Sebuah Cryptocurrency seperti halnya bitcoin yang memiliki sistem seperti blockchain, yang telah berhasil mengumpulkan banyak token sebelum merilis coin pada bulan Juli 2013 melalui Forum Bitcointalk.org

Dan Ethereum (ETH) coin yang paling sukses menggunakan teknik ICO hingga saat ini, bahkan harga Ethereum/BTC saat ini senilai 0.0545 BTC atau dalam IDR senilai kurang lebih Rp 4.000.000.

Apa Tujuan dari ICO?

ICO biasanya ditawarkan oleh para pengembang crytocurrency yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan dana untuk dapat mengembangkan proyek crypto yang akan mereka lakukan yaitu mata uag crypto baru. Dana ini dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan proyek yang digarap agar lebih cepat berkembang dan bisa secepatnya dapat diselesaikan.

Apa Keuntungan dari ICO?

Bagi para Pengembang atau Developer cryptocurrency, mereka mendapatkan bantuan dana yang digunakan untuk mempercepat proses pengembangan coin yang mereka garap, agar dapat cepat terealisasikan dan dapat dinikmati layanannya oleh banyak orang. 

Bagi investor, mereka akan mendapatkan token atau coin, yang secara sah menjadi milik pribadi para investor. Dan yang paling utama adalah Harganya Coin pada masa ICO masih sangat rendah.

Coin tersebut nantinya dapat diperdangangkan di market exchanger secara bebas dan tentunya harga akan lebih tinggi jika coin tersebut kamu jual setelah ICO berakhir dan coin sudah resmi dipublikasikan, biasanya harga bisa naik menjadi 5x lipat lebih mahal dari harga yang kamu beli saat ICO.

Apa Kerugian dari ICO?

Di balik keuntungan tersebut, pasti ada kerugian yang menghampirinya. Dikarenakan ICO sifatnya investasi, maka kita mengeluarkan dana (uang) dan memberikannya kepada pihak ketiga (dalam hal ini adalah developer), yang mana bisa saja uang tersebut tidak digunakan sesuai perjanjian saat ICO yaitu dibawa lari tanpa adanya keterangan yang jelas, biasanya sering dikatakan dengan istilah "SCAM".

Ada beberapa hal yang menjadi sebab terjadinya SCAM pada ICO Cryptocurrency, diantaranya adalah tidak jelasnya proyek tersebut, tujuan dari pengumpulan dana yang dilakukan oleh developer dan tim tidak jelas dan terkesan sembunyi - sembunyi. Biasanya hal ini tertera jelas dalam Whitepaper.

Apakah hubungan antara ICO dengan IPO?

IPO adalah kepanjangan dari Initial Public Offering, yang memiliki arti sebuah investasi dalam sebuah perusahaan, seperti halnya Google, Facebook, dan investror tersebut mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.

Perbedaan yang paling mencolok antara IPO dan ICO adalah pada saat proses Pengumpulan dana IPO, dana harus melewati bermacam regulasi, seperti instisusi pemerintahan, institusi keuangan, izin - izin dan ini oun belum sepenuhnya dapat diterima nantinya.

Sedangkan ICO memiliki mekanisme yang lebih simple dan mudah untuk dilakukan oleh para investor, mekanisme yang dilakukan juga tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO, serta ICO dapat diikuti oleh siapa saja yang tertarik melakukan Investasti dengan ICO, crypto tersebut. Serta tidak ada batasan minimal untuk berinvestasi di ICO ini.

Bentuk - bentuk Investasi ICO
ICO biasanya dipakai pada investasi online yang mana lebih condong ke cryptocurrency atau mata uang digital. Seperti halnya bitcoin yang merupakan cryptocurrency pertama.

Apa itu ICO?

Bagaimana Cara Investasi ICO?

Masih banyak orang yang bingung, Bagaimana cara melakukan investasi ICO ini. Kita membeli Coin saat ICO, tentunya tidak ada ruginya karena harga akan lebih murah sebelum coin tersebut dipublikasikan ke publik. 

Dan masih sangat berpotensi untuk mengalami kenaikan harga. Kenapa berpotensi mengalami kenaikan harga? Karena coin ini masih naru, masih fresh dan jika kita melihat coin - coin yang sudah sukses seperti bitcoin, harganya sangat jauh berbeda saat pertama coin tersebut dirilis dengan saat ini.

Silakan jika ingin mencoba untuk invstasi pada ICO Cryptocurrency, saya rasa kedua ICO di atas terpercaya. Semoga saja prediksi saya ini benar.

0 Response to "Mengenal Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)"

Posting Komentar

Komentar akan melalui proses moderasi. Segala bentuk komentar spam! tidak akan disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel