Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan Blogger Pemula memang sudah wajar dialami dan pasti pernah dialami oleh semua blogger baik yang sudah master sekalipun yang sudah tahu banyak seluk beluk tentang dunia blogging. 

Baik itu mereka yang belajar saat di bangku smp, smk ataupun kuliah, pasti mereka pernah mengalami kesalahan kesalahan saat mengelola blognya, pasti iya kan gan? jangan sampai engga, kalau engga kamu diragukan untuk jadi seorang blogger hehe :D Just Kidding.

kesalahan blogger pemula

Ada dua macam Blogger pemula atau Newbie, yang pertama adalah blogger yang terlahir karena dia menyukai dunia jurnalistik dan sangat gemar mengetik dan timbulah suatu angan angan dalam dirinya "Bagaimana sih biar tulisan yang aku ketik ini dapat dibaca oleh banyak orang?". 

Kemudian dia bergegaslah membuka Google dan mencari informasi yang ia butuhkan untuk bisa mempromosikan tulisan yang telah ia ketik. Dan sampai akhirnya dia mengetahui yang namanya Blog, dan disinilah timbul rasa semangat yang tinggi untuk dapat mempublikasikan tulisan atau artikel yang telah ia ketikan, mungkin di pc, laptop, bahkan di perangkat mobile. 

Namun itulah yang namanya perjuangan dan perjuangan tak pernah memandang melalui perangkat apa saja yang dia gunakan untuk berbagi. Itulah sebenarnya blogger sejati yang sebenarnya atau blogger yang terlahir karena hobinya menulis.


Tipe Blogger yang kedua adalah yang mengenal dunia Blogger karena ada sriwing sriwing kalau ngeblog bisa kaya (wkwk :D ). 

Kalau blogger yang satu ini saya rasa hanyalah blogger yang ikut ikutan saja, karena banyak temen yang buat blog dan sukses diapun ingin pula membuat blog dengan harapan bisa ramai dan uang pun terus mengalir kepadanya, karena dia kira mudah membuat sebuah blog. 

Namun pendapat seperti ini sangatlah salah dan berlawanan dengan blogger sejati yang saya jelaskan pertama diatas, karena blogger yang kedua ini blogger yang terlahir karena ingin memperoleh uang.


Tipe blogger yang seperti ini malahan perlu waktu belajar yang cukup lama gan untuk dapat memperoleh kesuksesan.

Membuat Blog saja sangatlah mudah, cukup beberapa menit utak atik dan pencat pencet sana sini jadilah sebuah blog, namun untuk meramaikannya itulah yang perlu perjuangan keras. Saya sedikit bertanya buat kalian tipe blogger yang seperti ini. 

Apakah tujuan kamu membuat sebuah blog? Kalau jawabannya adalah karena ingin memperoleh earning dan menjadi kaya, saya rasa itu sangatlah berat gan, mengingat dalam dunia blogger banyak sekali saingannya jangan sampai karena kamu kalah saingan kamu jadi frustasi wkwk. Apalagi kalau kamu baru saja membuat sebuah blog di Blogger misalnya, baru sebulan kamu membuat blog kamu pasti sudah mulai mengeluh, kok blog gue sepi terus ya? Apa artikel yang gue tulisa ga menarik dimata google? Apakah blog gue gak seo? dan banyak lagi pertanyaan muncul dari para blogger pemula.


Jawabannya adalah skill dan kebiasaan pada diri kamu, jika kamu blogger yang sudah lama pasti dapat menjawab pertanyaan ini.

Ya, jawabannya blog baru sebulan aja ngarep dapet visitor. wkwkw :D Apalagi artikel hasil copas, jangan ngarep arep deh buat masuk serp google dan punya banyak visitor hehe. 

Artikel yang original diketik sendiri aja belum tentu masuk Serp di page one google apalagi artikel hasil copas, walahh pasti sudah ditendang habis habisan sama si mbah google, kamu bisa buktikan dengan mengecek hasil ranking artikel kamu di serp google dengan tool tool seo checker, silakan cari aja di google banyak kok gan, kalau ga percaya apa yang saya omongin diatas.


Kalau kamu udah cek posisi artikel kamu di serp ada di urutan halaman berapa coba? pasti kamu kaget dan ga percaya kan, blog yang udah sekian lama di perjuangin mati matian buang kuota dan rela begadang demi ngurusin blog, ehh posisi artikel di serp menempati posisi yang luar biasa diatas 100 wkwk. Jadi kalau kamu mau serius ngurusin blog dan punya semangat 45 dalam diri kamu, jangan kelola blog kamu yang isinya hanyalah artikel copas copas dan copas google menganggap artikel seperti itu tidak ada gunanya dan hanya menjadi sampah serp karena google sangat mengutamakan kenyamanan para penggunanya. 

Jika kamu membuat blog sekian lama yang isinya hanyalah artikel dari hasil copas, saya rasakan hal tersebut sia sia saja tak ada gunanya, apalagi kalau kamu copas pada situs situs resmi yang punya lisensi kewenangan hukum, bisa bisa dimasukin ke bui dengan menuntut masalah pelanggaran hak cipta. Coba apa gak malu gan masuk penjara gara gara cuma copas artikel doang. hehe

Kalau kamu emang serius ya bergegaslah untuk keluar dari zona hitam tersebut dan cobalah simak beberapa Kesalahan Blogger berikut ini, tak hanya blogger yang terlahir karena ingin memperoleh uang, tapi blogger yang terlahir karena hobi juga pasti pernah mengalaminya karena itulah yang namanya pemula. Saran saya jika kamu memang benar benar blogger pemula maka sering seringlah untuk melakukan eksperimen, supaya kamu cepat menguasai teknik teknik ngeblog yang mempuni dan bisa mengoptimalkan blog kamu sesuai kriteria dari mbah google, tidak seperti saya dulu yang tidak pernah bereksperimen, jadinya ya ngeblog ya gitu gitu aja gan hehe. Baiklah simak Kesalahan blogger pemula berikut ini, yukk gan.

1. Membuat Posting Secara Berlebihan
Kesalahan Blogger yang pertama ini adalah yang paling sering saya temui pada blog blog mereka yang masih berstatus blogger pemula adalah mempublikasikan artikel secara bberlebihan atau membabi buta. Kesalahan yang satu ini menurut saya adalah yang paling parah diantara yang lainnya jadi ya saya taruh di nomor satu aja lah biar sreg. hehe Sebaiknya bila kamu baru membuat sebuah blog, sangat saya sarankan malah meminimalkan posting blog dalam seharinya. Satu artikel saja dalam sehari dirasa menurut saya adalah cukup, namun dengan catatan artikel tersebut berkualitas dan tidak copas, artikel minimal 500 kata. Lakukan posting arikel tersebut secara rutin misal sehari sekali, dua hari sekali atau seminggu sekali tergantung dari kita sempatnya menerbitkan artikel tersebut kapan. Jika blog kamu sudah memiliki umur kamu bisa menambah porsi artikel kamu, bisa lebih banyak lagi, tapi tetap ingat jangan terlalu berlebihan ya gan.

2. Mencopas Artikel dari situs besar
Kebanyakan para blogger pemula seringkali mengcopy artikel dari situs situs besar yang memiliki image baik dimata google, akan sangat berakibat fatal jika para blogger pemula melakukan hal ini, karena artikel di blog kamu tidak akan dianggap apa apa ksren google sudah memiliki artikel yang sama persis di blog besar tersebut. Jika kamu memang ingin memposting artikel yang sama seperti halnya situs situs besar tersebut, saya sangat menyarankan kamu mencoba untuk membaca artikel tersebut dengan baik dan cermat, baru kemudian kamu tulis kembali dengan gaya bahasa sendiri dan sudah bisa saya jamin google tidak akan curiga akan hal ini, bahkan bisa jadi artikel yang kamu daur ulang tersebut bisa mengalahkan posisi serp dari artikel yang sebenarnya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kawan, hahaha. Berani mencoba maka kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada diam dan tidak melakukan hal apapun.

3. Berburu Backlink asal asalan
Berburu backlink sebenarnya juga penting untuk kemajuan dari blog yang kita kelola, namun jika kamu berburu backlink secara besar besaran, akan membuat blog yang kamu kelola akan terancam ditendang oleh google penguin karena dianggap spam dan menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh google. Bahkan bisa bisa situs kamu di deindex dan yang lebih parah lagi adalah deindex permanen oleh google. Kalau sudah seperti ini mau gimana lagi coba, ya sudah tamatlah riwayat blog kamu, ya kan? Sebaiknya, jika kamu ingin memperoleh backlink yang baik untuk blog kamu, carilah backlink dari situs yang berkualitas dan memiliki image yang baik dimata google. Kamu juga sebaiknya mencari backlink maksimal 5 perhari, jangan sampai lebih karena sekarang google semakin ketat menganalisa blog yang masuk di serp google. Kalau kamu bisa menerapkan dengan baik pastinya kamu akan mendapatkan peringkat yang baik di serp google dan artikel kamu akan banyak yang masuk.

4. Memakai kata berulang ulang
Kesalahan blogger yang satu ini sering saya temui pada blog blog teman, yang sedang belajar ngeblog. Karena berambisi untuk masuk dalam serp google si blogger pemula biasanya melakukan penempatan kata kata yang berulang ulang tanpa memperhatikan kadar jumlahnya, pengunakaan kata ini sering disebut juga dengan keyword density dan ada juga cara untuk menghitung jumlah maksimal dari keyword density, saya sendiri kurang paham mengeni presentase ini, tapi ya intinya jangan berlebihan dalam menaruh kata yang beulang ulang, karena hal ini malahan akan menurunkan posisi artikel kamu di serp.

5. Banyak Link keluar, sedikit Link masuk

Sebagian blogger merasa sangat senang jika melakukan penautan menuju blog besar dan beranggaan dengan menautkan link tersebut pada blog kita, maka blog kita akan mendapat reputasi yang baik pula seperti halnya blog yang kita tautkan tersebut, hal ini sangatlah salah dan hanya akan membuat reputasi blog kita semakin jelek di mata google, kalau tidak diimbangi dengan link yang masuk dari blog lain, maka dapat dipasikan blog kamu tdak akan pernah meningkat dalam kancah serp google malahan semakin turun turun dan akhirnya menghilang ditendang google. hahaha

Jadi dalam membuat sebuah blog kita harus memperhatikan dari dua segi yaitu segi baik dan juga segi buruknya terhadap blog yang kita kelola, yang namanya master blogger pasti juga pernah jadi blogger pemula dan blogger pemula tak akan pernah bisa menjadi master jika dia tidak pernah mau untuk belajar. Karena ilmu tak akan pernah didapat jika seseorang hanya berdiam diri tanpa ada pemikiran kemana dia selanjutnya dan belajar adalah kunci kesuksesan yang kamu inginkan. Semoga saja artikel yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat bagi para blogger di seluruh indonesia dan tentunya artikel ini bisa masuk posisi serp google hehe

Cukup sekian aja deh ya gan tangan saya udah mulai kram menulis artikel yang amat panjang ini dan mata juga sudah mulai berkunang kunang, mungkin karena sudah lelah dari kemarin jadwal padat dan kurang istirahat, baiklah sampai bertemu di artikel yang selanjutnya ya kawan blog Rigi Dolan Setiawan :D bye bye wkwk. Sekian dan Terimakasih

0 Response to "Kesalahan Blogger Pemula"

Posting Komentar

Komentar akan melalui proses moderasi. Segala bentuk komentar spam! tidak akan disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel